DPRD Kritisi Rekrutmen SDM BLUD

Jl. Diponegoro 203
Ungaran 50512

(024) 6921053 / 6921055 Fak: (024) 692 2146

Beranda

Written by Poris
Category:

Anggota DPRD Kabupaten Semarang dibuat kaget kemarin, disebabkan Proses rekrutmen sumber daya manusia (SDM) pada RSUD Ambarawa dan RSUD Ungaran dalam tes penerimaan pada dua RSUD badan layanan umum daerah (BLUD) itu tidak mengacu pada metode computer assisted test (CAT).

Pada Tahun 2016 sudah diajukan tapi belum dilaksanakan, di tahun 2017 diajukan ulang dalam Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Semarang telah menyepakati melakukan perekrutan dengan metode CAT, untuk menghindari titipan, calo, ataupun jual beli lowongan kerja. Pada Hasil Rapat Banggar DPRD sepakat menggunakan sistem CAT, tetapi ternyata tidak dilaksanakan oleh rumah sakit, tiba-tiba diumumkan BLUD sudah menunjuk perguruan tinggi di Kota Semarang serta telah membuka pendaftaran 11 September 2017.

Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bambang Kusriyanto mempertanyakan seleksi untuk mengisi tenaga kerja baru di BLUD RSUD Ambarawa dan Ungaran yang tidak menggunakan BKN. "Kesepakatannya dahulu seleksi pegawai baru BLUD memakai sistem CAT (computer assisted test), dan jika CAT maka tentu menujunya ke BKN," ujarnya.

"Dulu, sempat menggunakan jasa perguruan tinggi tersebut saat tes Sekdes (Sekretaris Desa) belum lama ini dan bermasalah saat pelaksanaan tes hingga pengumuman. Jadi, kami mengantisipasi hal tersebut," tambah Ketua DPRD.